Penetapan Lurah Terpilih Hasil Pemilihan Lurah Tahun 2021 Kapanewon Kalibawang

Sebanyak 3 lurah di Kapanewon Kalibawang melakukan serah terima jabatan di Ruang Riptaloka Kapanewon Kalibawang pada Selasa, 30 November 2021.

Serah terima jabatan dilakukan dari penjabat lurah kepada lurah definitif yang telah diambil sumpah dan dilantik oleh Bupati Kulon Progo. Di antaranya Kalurahan Banjararum dari Pj Lurah Dra. Sri Sudiati, M.M. kepada Lurah H. Warudi, Kalurahan Banjarasri dari Pj Lurah Bakir kepada Lurah Drs. Mardi Santoso, dan Kalurahan Banjaroyo dari Pj Lurah Senija, S.IP, M.Si kepada Lurah Yoanes Pius Cahyo Nugrohojati.

Hadir dalam acara ini Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon (Forkompinkap Kalibawang), perwakilan pamong kalurahan, Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK), serta Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dari masing masing kalurahan.

Panewu Kalibawang Hening Nurcahya, A.P., M.M. dalam sambutannya menyampaikan agar Lurah yang baru dapat segera merangkul warga di wilayahnya, dan bersinergi dengan tokoh-tokoh masyarakat agar tercipta suasana yang harmonis pasca pelaksanaan pemilihan lurah yang telah dilakukan pada bulan Oktober 2021 lalu.

Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan Pemilihan Lurah (Pilur) secara serentak pada 24 Oktober 2021 di 68 kalurahan. Selain itu, juga dilakukan pemilihan lurah antar waktu di 1 Kelurahan.

Selanjutnya Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo secara resmi melantik 69 lurah di Aula Adikarta, Gedung Kaca Komplek Pemkab Kulon Progo pada Selasa, 30 November 2021. Pelantikan serta pengambilan sumpah janji jabatan dilakukan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) secara simbolis kepada perwakilan 2 lurah, yang disiarkan secara live streaming di kanal Youtube Kulon Progo TV.

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa partisipasi pemilih dalam Pemilihan Lurah Serentak Tahun 2021 cukup tinggi, dimana rata-rata tingkat partisipasi untuk 68 Kalurahan adalah 84,52 persen. Tingkat partisipasi tertinggi dalam 1 Kalurahan adalah sebesar 91,31 persen dan yang terendah sebesar 74,83 persen.