Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Lurah Banjararum

Panewu Kalibawang Hening Nurcahya, A.P., M.M. atas nama Bupati Kulon Progo melantik dan mengambil sumpah penjabat (Pj) lurah Banjararum, Dra. Sri Sudiati, M.M., yang berlangsung di balai kalurahan Banjararum Kalibawang pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Berdasarkan Surat Perintah dan Penunjukan Bupati Kulon Progo Nomor 800/3671, Panewu Kalibawang melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan penjabat lurah Banjararum, serta serah terima jabatan dari H. Warudi selaku Lurah Banjararum kepada Dra. Sri Sudiati, M.M.

Hadir Kapolsek Kalibawang AKP Sutarno, S.H., M.M., Danramil Kalibawang Kapten Inf Rismanto, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK) Banjararum, Pamong Kalurahan Banjararum, dan perwakilan lembaga kemasyarakatan kalurahan.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung dengan khidmat, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 400/A/2021 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Saudara Warudi dari Jabatan Lurah Banjararum Kapanewon Kalibawang, dan Surat Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 401/A/2021 tentang Pengangatan Saudari Sri Sudiati, M.M. sebagai Penjabat Lurah Banjararum Tahun 2021. Acara diakhiri dengan sambutan dari Panewu Kalibawang, Lurah Banjararum, dan Penjabat Lurah Banjararum.

Pelantikan Penjabat Lurah Banjararum dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah Kulon Progo Nomor 4 Tahun 2020 tentang Lurah. Di dalam pasal 96 disebutkan bahwa Bupati mengangkat Penjabat Lurah jika masa jabatan lurah sudah habis dan belum ada lurah definitif.

“Walaupun Bapak Warudi telah ditetapkan sebagai lurah terpilih hasil pemilihan lurah tahun 2021, namun karena masa jabatannya sudah habis, tetap digantikan oleh Penjabat Lurah yang berasal dari ASN Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sampai dengan dilantiknya lurah definitif”, jelas Agung Kurniawan, S.E. selaku Kepala Jawatan Praja Kapanewon Kalibawang.