Kulon Progo Gumregah, Kita Sehat, Ekonomi Bangkit

“Keadaan membaik dari pandemi Covid-19, namun harus tetap waspada agar tidak terjadi lagi gelombang pandemi di masa datang. Hal ini menjadi momentum yang tepat bagi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan seluruh elemen masyarakat secara kolaboratif membangkitkan usaha-usaha yang dimiliki warga masyarakat dalam tatanan kehidupan baru (new normal).”

Demikian makna dari tema “Kulon Progo Gumregah, Kita Sehat, Ekonomi Bangkit” yang disampaikan Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo melalui Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor 100/3288 tanggal 1 Oktober 2021 tentang Tema dan Logo Hari Jadi Kulon Progo ke-70 tahun 2021.

Logo 70 tahun Kulon Progo bermakna kolaborasi seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kulon Progo dalam mengolah potensi dan sumber daya yang beraneka ragam untuk mewujudkan semboyan masyarakat Kulon Progo yang “BINANGUN”; B (beriman), I (indah), N (nuhoni), A (aman), N (nalar), G (guyub), U (ulet), N (nyaman).

Untuk angka 7 bermakna beraneka ragamnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Kulon Progo yang apabila diolah dengan baik dapat menghasilkan suatu karya yang menyejahterakan dan membahagiakan seperti pelangi yang dibentuk oleh tujuh warna dan karya lagu yang diciptakan dari tujuh nada musik.

Angka 0 merupakan simbol semangat kolaboratif seluruh elemen Perangkat Daerah dan masyarakat Kabupaten Kulon Progo untuk menelurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama dalam mewujudkan misi.

Sedangkan warna terdiri dari kuning melambangkan kemuliaan, keagungan; hijau melambangkan kesuburan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Warna merah melambangkan keberanian, cinta, dan kekuatan; untuk warna biru melambangkan stabilitas, arah pandang, dan keteraturan.

Panewu Kalibawang Hening Nurcahya, A.P., M.M. berharap agar masyarakat mengenal serta memahami tema dan logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-70 tahun 2021 tersebut.

“Mari kita kenal  dan kita pahami tema dan logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-70. Kita bisa semarakkan dengan membagikannya melalui media sosial, media percakapan seperti WA atau Telegram, serta media lainnya”, ujar Hening Nurcahya, A.P., M.M.

Logo Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-70 tahun 2021 dapat diunduh [di sini].