Jangan Lupa, Jadwal Vaksin Sinovac Dosis 2 di Kalibawang

“Jadwal vaksinasi Covid-19 untuk dosis 2 sesuai dengan tanggal yang tertera pada kartu imunisasi Covid-19 atau kartu vaksin”.

Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Kalibawang dr. Theresia Rudatun pada rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi di Ruang Riptaloka Kapanewon Kalibawang pada Selasa, 21 September 2021.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa jarak pemberian dosis 1 dan dosis 2 bergantung pada jenis vaksin yang diterima pertama kali.

“Untuk vaksin jenis Sinovac, pemberian dosis 2 dilakukan 1 bulan setelah penyuntikan pertama. Sedangkan jenis Astra Zeneca,  dosis kedua diberikan 3 bulan setelah dosis pertama”, ujar dr. Theresia Rudatun.

Bidan Pelaksana Lanjutan Puskesmas Kalibawang, Apriana Hestingsih, A.Md.Keb mengingatkan agar peserta vaksin Sinovac dosis 2 membawa kartu vaksin dan fotokopi KTP/KK saat pelaksanaan vaksinasi.

“Untuk vaksin massal yang dilaksanakan di wilayah Kapanewon Kalibawang, jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Silakan lihat kembali kolom tanggal imunisasi di kartu vaksin Anda. Sedangkan tempat pemberian dosis 2 sama dengan tempat diberikan vaksin dosis 1 yang lalu”, jelasnya.

Lebih lengkap untuk jadwal pemberian vaksin jenis Sinovac dosis 2 di wilayah Kapanewon Kalibawang dapat dilihat pada daftar berikut:

  • Tanggal 29 September 2021 di Kapanewon Kalibawang
  • Tanggal 30 September 2021 di Kapanewon Kalibawang
  • Tanggal 1 Oktober 2021 di Kapanewon Kalibawang
  • Tanggal 14 Oktober 2021 di SDN Kempong Banjaroyo
  • Tanggal 16 Oktober 2021 di Embung Krapyak
  • Tanggal 21 Oktober 2021 di Kapanewon Kalibawang

Panewu Kalibawang Hening Nurcahya, A.P., M.M. juga mengingatkan semua warga dan seluruh lapisan masyarakat agar  mempersiapkan diri untuk jadwal vaksin Sinovac dosis 2.

“Sekarang periksa lagi kartu vaksinnya, catat kembali jadwalnya supaya tidak lupa. Bisa ditulis di kalender, tempel di pintu, atau di tempat-tempat strategis lainnya di rumah njenengan. Bisa juga dicatat di smartphone; misalnya jadikan wallpaper, atau menggunakan aplikasi kalender dan setel alarmnya”, ujarnya.

Monggo bagaimana triknya, yang penting tidak lupa jadwal vaksin Sinovac dosis 2 Anda. Yang paling terdekat adalah jadwal di Kapanewon Kalibawang pada tanggal 29 September, 30 September, dan 1 Oktober 2021 nanti”, pesan Hening Nurcahya, A.P., M.M.