Penerapan Protokol Kesehatan Memerlukan Kedisiplinan Semua Pihak

Upaya pencegahan penularan Covid-19 memerlukan kesadaran dan kedisiplinan dari berbagai pihak untuk mematuhi protokol kesehatan terutama ketika melakukan aktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain seperti pada toko, pasar, dan juga tempat kerja.

Dalam rangka meningkatkan pemantauan dan pengawasan  kepada masyarakat yang berpotensi terjadi berkumpulnya orang serta berisiko terhadap penularan Covid-19  dilaksanakan kegiatan pemantauan dan pembinaan penerapan protokol kesehatan di area Pasar Desa dan Pasar Kabupaten yang berlokasi Jagalan Banjaroyo yang merupakan daerah perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah pada Senin, (26/10).

Kegiatan dihadiri oleh Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M, Bhabinkamtibmas Banjaroyo Bripka Diyamto beserta anggota Polsek Kalibawang, Babinsa Banjaroyo Serda Purwoko beserta anggota Koramil Kalibawang, dan ASN Kapanewon Kalibawang, yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kapanewon Kalibawang dengan didampingi Irwanto dari perangkat Kalurahan Banjaroyo.

Dalam kesempatan tersebut terus dilakukan edukasi dan pembinaan bagi masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di antaranya memakai masker, selalu rajin mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer, dan menjaga jarak fisik.

Selain itu juga dilakukan pembagian masker bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kepada para pengunjung, pedagang pasar, warga lingkungan pasar, dan pengguna jalan di sekitar Pasar Jagalan.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan berdasarkan program dan perencanaaan jadwal penegakan penerapan protokol kesehatan Kapanewon Kalibawang yang sebelumnya telah dilakukan di beberapa pasar dan perkantoran se Kalibawang. Adapun dalam kegiatannya telah didapatkan banyak warga yang sudah menerapkan protokol kesehatan  terutama pemakaian masker dan tempat cuci tangan di lokasi pasar.

Untuk meningkatkan kedisiplinan  protokol  kesehatan  akan dilakukan  secara berkala dan  berkelanjutan  baik di pasar, tempat wisata, tempat ibadah, sekolah, perkantoran pemerintah maupun perkantoran non pemerintah,” ujar Heri Darmawan, A.P., M.M.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksud untuk memastikan dijalankannya protokol pencegahan penularan Covid-19 dilakukan oleh warga yang beraktivitas di luar rumah.

“Kepatuhan menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik wajib dilaksanakan oleh semua pihak untuk pencegahan kemungkinan  penularan Covid-19”, ujarnya.

Bhabinkabtinas Banjaroyo, Bripka Diyamto yang turut dalam kegiatan tersebut melakukan edukasi dan pembinaan agar para pedagang maupun  pengunjung Pasar Jagalan patuh protokol kesehatan.

“Seperti diketahui pasar Jagalan merupakan Pasar yang berada di perbatasan antara wilayah  Kulon Progo dengan  Magelang, Jawa Tengah yang cukup ramai pengunjung. Dari  hasil pemantauan Satgas Covid Kapanewon Kalibawang, pedagang dan pengunjung sebagian  besar sudah memakai masker demikian juga pengunjung”, ujarnya.

New Normal harus dimaknai dengan menyesuaikan keadaan baru selama masih terjadi pandemi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam melakukan kegiatan sehari-hari, baik kegiatan ekonomi produktif, kegiatan keagamaan, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan dengan beberapa tatanan baru, agar tetap sehat, aman, dan produktif.