Setetes Darah Amatlah Berarti Bagi Sesama

Kegiatan donor darah memberikan empati kepada sesama, terlebih di situasi pandemi Covid-19 saat ini. Palang Merah Indonesia (PMI) terus berupaya akan tercukupinya ketersediaan kebutuhan darah bagi yang memerlukan. Fasilitas kesehatan, khususnya Rumah Sakit memerlukan persediaan darah bagi pasien.

Sejalan dengan misi PMI serta dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-69 tahun 2020, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kapanewon Kalibawang melaksankan kegiatan donor darah yang diikuti oleh beberapa pegawai diantaranya Sutanto, Muh. Wakhid, Budi Suprapto, dan Unang Sunardiman di PMI Kabupaten Kulon Progo pada Selasa, (13/10).

Melalui PMI Kabupaten Kulon Progo, masyarakat dapat berpartisipasi mendonorkan darahnya dengan datang sendiri di Kantor PMI yang beralamat di Jalan Bhayangkara Watulunyu Wates pada jam kerja mulai 12 hingga 16 Oktober ini.

Sejumlah peserta donor darah diberikan kesempatan untuk donor darah dan berharap tubuh lebih sehat.

“Saya senang bisa memberikan sumbangan darah, setetes amatlah berarti bagi sesama”, ujar Muh Wakhid, salah satu peserta.

Pelaksanaan donor darah di PMI Kulon Progo dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat diantaranya peserta diminta cuci tangan, cek suhu badan, tensi, memakai masker, pendonor ditempatkan pada jarak aman, dan pada saat pengambilan darah petugas menggunakan Alat Pelindung Diri secara lengkap.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada rekan rekan ASN yang sudah berkenan melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini memiliki makna yang sangat berarti karena wujud kesadaran untuk saling tolong menolong dan bergotong royong, menyumbahkan darah untuk diberikan ke orang lain secara sukarela", ujar Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M.