Monggo Pakai Masker, Jangan Ambil Risiko

Apabila seseorang yang membawa virus ataupun Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang sehat tanpa masker, maka kemungkinan penularan mencapai 100 persen.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kapolsek Kalibawang, Kompol Sumina, S.H. saat kegiatan Operasi Yustisi Pendisiplinan Wajib Pakai Masker pada Jumat (18/09).

Kegiatan dilakukan bersama anggota Polsek, Koramil, Puskesmas, perwakilan ASN Kapanewon Kalibawang, dan perangkat Kalurahan Banjaroyo yang tergabung dalam Satgas Covid 19 Kapanewon Kalibawang terhadap pengguna jalan di depan kantor Kalurahan Banjaroyo.

Lebih lanjut Kompol Sumina, S.H. menjelaskan potensi penularan Covid-19 mencapai 70 persen bila orang yang sehat pakai masker, sementara pembawa virus atau OTG tidak memakai masker.

“Berikutnya jika pembawa virus atau OTG memakai masker, namun orang sehat tidak pakai masker, tingkat penularannya masih 5 persen. Sedangkan jika keduanya memakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5 persen”, jelasnya.

Panewu Anom Kalibawang Suhardiyana, S.IP berharap agar semua benar-benar melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Tumbuhkan kesadaran disiplin, jangan hanya memakai masker hanya karena takut ada operasi dari petugas. Namun setiap keluar rumah memakai masker untuk menjaga kesehatannya sendiri dan kesehatan orang lain”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut petugas dari Polsek Kalibawang memberikan masker beberapa pengguna jalan yang tidak memakai masker, serta diberikan edukasi tentang protokol kesehatan salah satunya pentingnya memakai masker guna pencegahan penularan Covid-19.