Bantuan Sosial Beras bagi KPM PKH Mulai Didistribusikan

Sesuai kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan dampak Covid-19, maka melalui Kementerian Sosial dalam waktu dekat akan dilakukan penyaluran bantuan sosial berupa beras di wilayah Kalibawang. Bantuan beras ini  bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara sejumlah 15 kg tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 3 bulan mulai bulan Agustus hingga Oktober ini.

Adapun penerima adalah KPM Program Keluarga Harapan (PKH), untuk Kalibawang sebanyak 2.485 KPM penerima dengan rincian Banjararum 707 KPM, Banjarasri 363 KPM, Banjarharjo 633 KPM, dan Banjaroyo 782 KPM.

Penerima beras bulan Agustus dan September akan dirapel dan didisribusikan pada Sabtu, 26 September 2020. Untuk titik pengambilan beras KPM PKH dapat mengambil di lokasi  terdekat dengan tempat tinggal atau wilayah domisili sebagai berikut :

  1. Banjararum di E-Warong Degan dan Balai Kalurahan Banjararum.
  2. Banjarasri diambil di Balai Kalurahan Banjarasri
  3. Banjarharjo di halaman Masjid Al Islami Padaan Wetan dan Balai Kalurahan Banjarharjo, serta
  4. Banjaroyo dapat diambil di halaman Kapanewon Kalibawang, Balai Kalurahan Banjaroyo dan Rest Area Embung Tonogoro.

"KPM PKH yang berhak mendapat bantuan sosial beras ini akan kami undang melalui Ketua Kelompok PKH  agar menyampaikan ke anggota untuk mengambil sendiri dengan membawa KTP di titik lokasi yang sudah kami tentukan. Ketua Kelompok kami minta untuk mendampingi KPM dalam pengambilan", ujar Johan Prastyawan selaku Koordinator Kecamatan Pendamping PKH.

Pada saat penyaluran akan didampingi dari Kader Penanggulangan Kemiskinan Daerah (KPKD), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Pendamping PKH.

Koordinator KPKD Kapanewon Kalibawang , Subaryadi, S.Si mengharapkan informasi penerimaan bantuan beras ini kepada KPM PKH ini dibantu pak Lurah dan Dukuh untuk disampaikan ke warga penerima.

"Kami mohon bantuan dan koordinasi kepada para Dukuh dan pihak terkait untuk disampaikan  ke penerima, sehingga penyaluran berjalan  tertib dan lancar”, ujarnya.

Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. berharap agar pelaksanaan pendistribusian beras tetap menaati protokol kesehatan,  guna mencegah  Covid-19 sebagai bentuk adaptasi dan edukasi kebiasaan baru di masa pandemi ini.

"Saat distribusi beras wajib memakai masker,  jaga jarak, dan disiapkan sarana cuci tangan di lokasi pengambilan," pesannya.

 

Rincian Lokasi per Kalurahan dapat diunduh pada tautan di bawah:

↓↓ Rincian Lokasi BSB Kalibawang