“Ngaruhke” Pelaksanaan Kegiatan di Kalurahan

Tim Fasilitasi Penyelenggaraan Kalurahan Kapanewon Kalibawang melaksanakan monitoring dan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan tahun 2020 di Kalurahan Banjaroyo, sesuai jadwal dan agenda yang sudah ditentukan pada Senin (14/09).

Sedangkan Kalurahan Banjarharjo dan Banjararum dijadwalkan tanggal 16 dan 17 September 2020, berikutnya agenda di Kalurahan Banjarasri tanggal 21 September nanti.

Tim monev diterima oleh Pj. Lurah Banjaroyo Senija, S.IP, M.Si. yang diwakilkan oleh Carik Kalurahan Banjaroyo Fitria Citra Devi, S.Gz. bersama sejumlah Pamong, beberapa Dukuh, serta Pendamping Desa Endro Sarwiyanto.

Kepala Jawatan Praja Kapanewon Kalibawang, Agung Kurniawan, S.E. menyampaikan yang menjadi obyek monitoring dan evaluasi di antaranya fisik yakni pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, produk hukum Kalurahan dan penerapan Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskuedes), serta administrasi keuangan dan fisik pada bidang kesehatan, keagamaan, dan pendidikan.

“Terima kasih atas dukungan dari Pamong Kalurahan Banjaroyo yang mendampingi Tim Kapanewon dari awal sampai akhir, sehingga semuanya berjalan lancar dan baik”, ujarnya.

Didampingi Ulu-Ulu Kalurahan Banjaroyo Ahmad Baehaqi, S.E. dan Dukuh Potronalan Ashari Hidayat, tim monev Kapanewon juga mengunjungi beberapa kegiatan fisik yang semuanya sudah terlaksana 100 persen.

Di antaranya bantuan stimulan semen di pedukuhan Beji, Pranan, dan Plengan. Rabat beton di Kempong, Puguh, dan Tonogoro. Serta pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di pedukuhan Tonogoro dan Semagung, dan pengecekan lokasi pembangunan talud dan corblok jalan lingkungan di Slanden.

Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kalurahan Banjaroyo atas sambutan dan kerjasamanya dalam mendampingi kegiatan monev APBKal tahun 2020.

“Kami atas nama Tim mengucapkan terima kasih kepada Kalurahan Banjaroyo atas sambutan dan kerjasamanya dalam mendampingi kegiatan monev APBKal tahun 2020 ini. Kami bukan memeriksa nggih, kita lebih kepada “ngaruhke” bagaimana pelaksanaan kegiatan di Kalurahan, bagaimana pekerjaannya dan bagaimana laporannya”, ujar Heri Darmawan, A.P., M.M.

“Kami bukan mencari kesalahan namun untuk mengevaluasi apakah rencana yang ditetapkan telah dilaksanakan sesuai aturan apa belum, bagaimana kepatuhan dan disiplin serta pertanggungjawabannya dan seterusnya. Dan sesuai kewenangan yang diberikan kepada Kapanewon, untuk melakukan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan”, lanjutnya.

“Untuk tahun ini sesuai arahan dan kebijakan pusat  terdapat perubahan kebijakan APBKal sehingga berdampak pada alokasi anggaran untuk  kegiatan yang diprioritaskan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19”, pungkasnya.