Penyaluran Sembako Optimalkan Produk Kulon Progo

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya penerima manfaat bantuan sembako di wilayah Kapanewon Kalibawang yang bersumber dari pemerintah pusat, Tim Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Kapanewon Kalibawang melakukan evaluasi pendistribusian bulan Agustus 2020 dan rencana penyaluran bantuan bulan September 2020, pada Kamis (10/09).

Kegiatan dihadiri oleh Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M., Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Kalibawang Dra. Sri Sudiati, M.M. selaku Koordinator pelaksana kegiatan, Lurah se Kapanewon Kalibawang, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kalibawang Johan Prastyawan, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kalibawang Subaryadi, S.Si. selaku Koordinator E-Warong.

Hadir perwakilan pemasok sembako dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) selaku pemasok beras, Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) sebagai penyedia ikan lele, Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menyuplai bahan sayuran, serta E-Warong sebagai lokasi distribusi penyaluran.

Produk lokal Kulon Progo terus dioptimalkan dalam penyaluran sembako. Salah satu pengelola E-Warong yang berlokasi di Promasan, Agatha menyampaikan adanya persiapan persediaan bahan terutama buah-buahan yakni pisang Ambon di daerahnya untuk dapat dijadikan bahan persediaan lokal asli dari petani.

Disampaikan pula dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kalibawang, “Hari ini telah kami lakukan survei pasar tentang kondisi harga guna kelancaran distribusi. Untuk teknis pelaksanaan kegiatan kami serahkan kepada E-Warong, dapat berkoordinasi langsung dengan KWT yang akan diajak kerja sama”, ujar Hendro Santoso.

Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. berterima kasih atas kerjasama tim yang selama ini sudah berjalan lancar.

“Kerjasama tim harus terus dipertahankan, dan semoga dalam rencana pelaksanaan yang akan datang dapat berjalan lancar”, ujarnya.

Sementara Subaryadi, S.Si mengingatkan untuk kelengkapan administrasi di masing-masing E-Warong agar lebih ditingkatkan, serta pembukuan yang belum lengkap supaya segera dilengkapi sesuai aturan yang ada.

“Sedangkan rencana penyaluran untuk bulan September dilaksanakan tanggal 11 sampai dengan tanggal 20 September. Khusus untuk penerima sembako PKH akan mendapatkan beras sebanyak 15 kilogram per bulan selama 3 bulan yakni Agustus, September, dan Oktober”, jelasnya.

“Adapun yang non PKH akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500.000,- yang ditransfer melalui rekening”, pungkasnya.