Wirausaha PKH Graduasi Patut Dicontoh

Penyerahan bantuan stimulan kewirausahaan sosial bersumber dari Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Kementerian Sosial Republik Indonesia diberikan kepada 14 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Graduasi.

Acara tersebut dilaksanakan di Kantor Kapanewon Kalibawang yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Kulon Progo, Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M., Dian Pratiwi selaku Koordinator Kabupaten PKH, sejumlah Pendamping PKH wilayah Kalibawang, dan KPM.

Penyerahan dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Kulon Progo, Ir. Yohanes Irianto, M.Si kepada sejumlah KPM, pada Kamis (27/08). 

Ir. Yohanes Irianto, M.Si berharap kepada KPM graduasi yang telah menerima bantuan kewirausahaan tersebut dapat memanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat membantu meningkatkan pengembangan usaha. Beliau berharap dengan stimulan ini dapat memotivasi KPM agar lebih semangat dalam mengembangkan usaha.

“Kami memberikan apresiasi kepada KPM ini karena telah berwirausaha, saya berharap menjadi contoh bagi warga lain,” ujar Yohanes Irianto.

Bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat sebanyak 100 KPM PKH graduasi se Kabupaten Kulon Progo, untuk wilayah Kalibawang 14 KPM PKH Graduasi terdiri dari Banjararum 5 KPM, Banjarasri 1 KPM, Banjarharjo 5 KPM, dan Banjaroyo 3 KPM berupa bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp 500.000,-.

Selanjutnya guna optimalisasi pemanfaatannya, maka KPM akan didampingi oleh Pendamping Sosial PKH Kalibawang. KPM yang menerima bantuan adalah peserta Program Keluarga Harapan yang sudah tidak menerima bantuan dan memiliki usaha mandiri. 

Katilah, salah satu penerima yang tinggal di Srandu, Banjarharjo menjelaskan dirinya sehari-hari berjualan nasi bubur, sayuran, dan makanan kecil yang sudah rintis sejak 2007. Dalam situasi Covid saat ini, dirinya pengaku tetap bertahan meskipun omsetnya jauh berkurang.

Bantuan yang diterimanya akan dibelanjakan untuk membeli bahan makanan dan peralatan usaha. “Saya sangat bersyukur atas bantuan dari pemerintah yang kami terima guna mengembangkan usaha kami”, ujar Katilah.