Panduan Lengkap New Normal, Simak di Sini

Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) bukan berarti keadaan sudah normal, bebas dari pandemi Covid-19. Namun New Normal yang dimaksud adalah menyesuaikan diri dengan keadaan baru selama masih terjadi pandemi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sehingga bisa tetap sehat dan produktif.

Dalam pelaksanaan tatanan kehidupan baru pada masa pandemi Covid-19, setiap orang wajib menerapkan protokol kesehatan yang diantaranya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, menjaga jarak (physical distancing) untuk menghindari kerumunan, serta melakukan upaya meningkatkan daya tahan tubuh dan seterusnya.

Sedangkan pelaksanaan tatanan kehidupan baru dalam berbagai aspek meliputi penyelenggaraan pemerintahan, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi dilakukan dalam bentuk pedoman kegiatan yang dilakukan oleh penduduk, penanggung jawab kegiatan, pengelola dan pelaku usaha.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah menerbitkan panduan lengkap New Normal, yang tercantum dalam Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Kehidupan Baru (New Normal) pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Terdapat Panduan New Normal agar masyarakat aman, sehat, disiplin, dan produktif pada masa pandemi Covid-19 yang terdiri dari:

  1. Pelaksanaan Pelayanan Posyandu
  2. Pendatang dari Luar Wilayah Kabupaten Kulon Progo
  3. Seni Pertunjukan, Pergelaran, dan Pementasan Live Streaming
  4. Festival, Lomba (Tanpa Kehadiran Peserta), dan Kegiatan Upacara Adat
  5. Pertemuan Formal antara lain Rapat Tingkat RT/RW, Dasa Wisma, Padukuhan, Kalurahan, dan sejenisnya
  6. Kegiatan Agama, Olah Raga, Siskamling, dan Kerja Bakti
  7. Protokol Pernikahan
  8. BST Kemensos RI
  9. Layanan Antar Kerja
  10. Sektor Perdagangan
  11. Sektor Pertanian dan Peternakan
  12. Kegiatan Kelompok Tani, Puskeswan
  13. Gerakan Tanam, Pengendalian OPT dan Panen Komoditas Holtikultura
  14. Program Sembako dan Bantuan Sosial
  15. Protokol Warung Makan/Rumah Makan
  16. Protokol Tomira (Toko Milik Rakyat)
  17. Bhakti Sosial Pelayanan Keluarga Berencana
  18. Pelayanan Kesehatan Balita
  19. Sektor Pariwisata, serta
  20. Sub Sektor lainnya pada penyelenggaraan pemerintahan, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi

Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. berharap agar partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan meningkat, dalam penerapan Tatanan Kehidupan Baru dengan adanya Peraturan Bupati tersebut.

“Payung hukum yang menjadi landasan untuk pelaksanaan New Normal di Kabupaten Kulon Progo sudah diterbitkan. Saya minta warga masyarakat mematuhi penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, serta dengan penuh kesadaran mematuhi protokol tatanan kehidupan baru dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Penanggung jawab kegiatan, pengelola dan pelaku usaha, serta warga silahkan unduh untuk dipahami dan dilaksanakan bersama, minimal yang menjadi panduan untuk sub sektornya. Bisa juga disalin untuk disajikan dalam bentuk infografis misalnya, untuk dibagikan di media sosial ataupun media lainnya. Tentunya diimbangi dengan partisipasi secara nyata dan kepatuhan dalam melaksanakan disiplin protokol kesehatan di setiap kesempatan”, ujarnya.

Panduan lengkap New Normal tersebut dapat dilihat dan dapat diunduh pada tautan di bawah:

↓↓ Perbup 44 Tahun 2020 Tentang Pedoman Tata Kehidupan Baru (New Normal)

↓↓ Lampiran Perbup 44 Tahun 200 Tentang Pedoman Tata Kehidupan Baru (New Normal)