Didampingi Tim BBVet Wates, Sapi Bantuan Presiden Disembelih di Kalibawang

Tim Balai Besar Veteriner Wates (BBVet Wates) melakukan pemantauan, pendampingan sekaligus pemeriksaan Sapi Bantuan Kemasyarakatan dari Presiden Joko Widodo yang didistribusikan di Masjid Al Iman, Kisik Banjarasri pada Sabtu (01/08).

Sapi bernama Sonar dengan berat berat hampir 1 ton berumur 3,5 tahun dengan jenis sapi cross Simental- Limosin dan berasal dari Salam, Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Sebelumnya diterima Tim Pendampingan Sapi Bantuan Presiden (Banpres) BBVet Wates pada tanggal 30 Juli 2020 dalam acara Penyerahan Sapi Kurban Banpres di Bangsal Kepatihan Danurejan Yogyakarta.

Bantuan hewan kurban tersebut diterima Takmir Masjid Al Iman dan Panitia dari pedukuhan Paras, Banjarasri. Disaksikan oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kulon Progo Drs. Jazil Ambar Was'an, Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M., Pj. Lurah Banjarasri Bakir, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Kalibawang Dra. Sri Sudiati, M.M., serta unsur Forkompimka (Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon).

Takmir Masjid Al Iman di Banjarasri, Drs. Mardi Santoso menjelaskan rincian daging kurban yang akan dibagikan kepada 600 KK di Kalurahan Banjarasri dan sebagian dari Kalurahan Banjaroyo.

“Penerima daging kurban terdiri warga kalurahan Banjarasri, perangkat kalurahan, dan proposal pengajuan masjid Al Amin Kempong Banjaroya juga akan mendapat bantuan ini,” kata Drs. Mardi Santoso.

Sedangkan drh. Indarto Sudarsono, MMT selaku Ketua Tim BBVet Wates menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan ante mortem, proses pemotongan, pemeriksaan post mortem sampai distribusi daging qurban kepada yang berhak menerimanya, memastikan sapi dalam keadaan sehat sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Kami melakukan pengawalan terhadap sapi kurban Banpres mulai dari proses seleksi sampai dengan pemeriksaan laboratorium. Tim kami telah melakukan pemeriksaan dan pengujian terhadap beberapa penyakit diantaranya antraks, brucellosis, kecacingan, dan SE. Pada intinya sapi tersebut dalam keadaan sehat sehingga aman untuk dikonsumsi.", ujar beliau.

Kapolsek Kalibawang, AKP Sumina, S.H. mewakili Forkompimka menyampaikan terimakasihnya, "Terima kasih kami haturkan kepada Bapak Presiden atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Kalibawang dan diharapkan bantuan hewan kurban ini memberikan dampak positif bagi masyarakat".

Sementara itu Panewu Kalibawang, Heri Darmawan, A.P., M.M. mengucapkan terimakasih atas bantuan pengawalan kesehatan hewan kurban Banpres oleh Tim BBVet Wates.

“Terima kasih kepada Tim BBVet Wates, atas kerja kerasnya memberikan bantuan pengawalan kesehatan hewan kurban bantuan Presiden. Dari proses seleksi sampai distribusi daging qurban kepada yang berhak menerimanya. Kita juga bersyukur tahun ini kami mendapat sapi besar dari Presiden, sangat penting terutama bagi warga di Banjarasri.”, ujarnya.