Sehat dan Produktif dengan AKB

Penanggulangan dan pencegahan penularan Covid-19 diperlukan kerjasama dan pengertian dari berbagai pihak untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 baik yang beraktivitas dari dalam rumah, diluar rumah maupun aktivitas pada toko, kantor , dan juga pasar.

Untuk memastikan dijalankannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dimaksud, Satgas Penanganan Covid-19 Kapanewon Kalibawang selalu memantau pelaksanaan atas kepatuhan masyarakat ketika aktivitas di luar rumah untuk memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak fisik.

Dalam kegiatan patroli kepatuhan protokol kesehatan yang dilaksanakan pada Kamis (30/07), Satgas Kapanewon melakukan pemantauan dan pembinaan di wilayah Kalurahan Banjarharjo, terutama di Pasar Bogo, Pasar Demangan, dan komplek pertokoan sekitarnya.

Panewu Anom Kalibawang, Suhardiyana, S.IP selaku Koordinator pelaksanaan pemantauan dan pembinaan hari ini bersama dengan unsur Petugas dari Puskesmas Kalibawang, Polsek Kalibawang, dan Koramil Kalibawang mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan dijalankannya protokol pencegahan penularan Covid-19 dilakukan oleh warga yang beraktivitas di luar rumah.

“Kita melakukan patroli pemantauan, penertiban, dan pembinaan persuasif secara terpadu di tingkat Kapanewon, dengan sasaran warga yang beraktivitas diluar rumah, di pasar, dan di komplek pertokoan. Kepatuhan menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak fisik wajib dilaksanakan oleh semua pihak untuk pencegahan kemungkinan terjadinya penularan Covid-19”, ujar Suhardiyana, S.IP

Satgas Kapanewon juga melakukan pembinaan bahwa New Normal bukan berarti keadaan sudah normal, bebas dari Pandemi Covid-19, namun new normal yang dimaksud adalah menyesuaikan dengan keadaan baru selama masih terjadi pandemi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sehingga bisa tetap produktif dan sehat.

Hesti, salah satu pedagang pasar yang ditemui mengatakan siap melaksanakan himbauan Pemerintah tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam aktivitas di pasar, dan akan ikut mengajak dan mengingatkan sesame pedagang dan pembeli untuk selalu memakai masker.

Maturnuwun kagem bapak-bapak Satgas atas tinjauan dan pembinaannya, semoga dagangan mriki tambah laris, kami selalu mengajak para pedagang di pasar untuk sama-sama menjaga kesehatan, mencegah penularan virus dengan memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak, sehingga dagangan tetap bersih dan menjaga kesehatan lingkungan pasar”, ujar Hesti.

Selanjutnya Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kapanewon Kalibawang akan selalu melakukan pemantauan, penertiban, dan pembinaan persuasif kepada setiap warga untuk selalu mematuhi protocol pencegahan penularan Covid-19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam setiap aktivitasnya, sehingga akan terwujud masyarakat yang produktif dan sehat.