Persiapan New Normal : Satgas Covid Kapanewon Sambangi Toko dan Rumah Makan

Guna persiapan memasuki tata kehidupan baru atau dikenal dengan New Normal, Satgas Kapanewon Kalibawang bekerjasama dengan Satgas Kalurahan Banjararum dan Banjarasri melaksanakan kunjungan ke beberapa pemilik toko dan rumah makan pada Selasa, 30/06.

Kegiatan Tim ini dari unsur Kapanewon, Koramil, Polsek, Puskesmas, Pamong dan Dukuh, yang dimaksudkan untuk mensosialisasikan tata kelola usaha yang baru terkait protokol kesehatan misalnya kewajiban penggunaan masker bagi karyawan maupun pengunjung, sarana cuci tangan dan sabun, pengaturan jarak tempat duduk, pengaturan jumlah orang yang dilayani sesuai kapasitas ruangan, tersedianya petunjuk arah cuci tangan dan sanitasi, penyediaan Informasi anjuran kesehatan, penyediaan Thermo Gun guna pemeriksaan suhu tubuh pengunjung dan sebagainya.

Hal tersebut dikatakan oleh Fivi Yanti, SKM selaku petugas promosi kesehatan Puskesmas Kalibawang. "Kegiatan ini untuk mensosialisasikan secara langsung kepada pengelola atau pemilik agar protokol kesehatan yang terkait bisnis pertokoan dan rumah makan bisa memahami dan melaksanakan apa yang harus dilakukan agar semua aman dan sehat dari penularan Covid".

Kunjungan dilakukan di beberapa lokasi diantaranya Tomira, Indokulak, Bakso Mba'3, dan sejumlah toko lainnya. Heri Darmawan, A.P., M.M. Panewu Kalibawang mengatakan, lokasi yang dikunjungi memang sebagian sudah menerapkan protokol kesehatan, karyawan juga sudah memakai masker, namun masih perlu disempurnakan dengan melengkapi misalnya pemasangan sarana cuci tangan agar dipasang ditempat yang strategis, kewajiban pengunjung memakai masker, dan pengaturan jarak dan seterusnya. Hal ini penting agar pengelola maupun pengunjung saling melindungi dengan memakai masker, jaga jarak dan wajib cuci tangan. Kegiatan ini akan terus dilakukan terutama di tempat kerumunan banyak orang dan dilakukan evaluasi secara berkala.

Tri Wahyuni, pemilik Bakso Mba'3 menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan penjelasan yang diberikan dan bersedia akan mematuhi beberapa saran yang disampaikan Tim Satgas Covid Kapanewon Kalibawang. "Terima kasih Bapak Ibu kami sudah diingatkan dan siap akan melaksanakan saran-saran tadi" ujar Tri Wahyuni.