Agar Digunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Penyaluran bantuan sosial (Bansos) Covid-19 bersumber dari APBD DIY untuk keluarga penerima manfaat (KPM) Kapanewon Kalibawang disalurkan hari ini, Jumat (26/04) di masing-masing kantor Kalurahan.

Bantuan tersebut diberikan kepada KPM penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) kurang dari Rp 600.000,- atau penerima bantuan sembako APBN dan tidak menerima bantuan dari sumber lain.

Panewu Kalibawang disela-sela monitoring di Banjarharjo berharap kepada warga penerima Bansos agar bantuan uang yang diterima dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pemenuhan kebutuhan pokok ditengah kesulitan ekonomi karena dampak Pandemi Covid-19.

"Agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan semoga meringankan beban keluarga", pesan Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. kepada sejumlah warga penerima.

Jumlah warga penerima Bansos yang disalurkan di Kapanewon Kalibawang sejumlah 1.365 KPM dengan rincian Banjararum 430 KPM, Banjarasri 195 KPM, Banjarharjo 367 KPM, dan Banjaroyo 373 KPM.

Subaryadi, S.Si. selaku koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kapanewon Kalibawang menjelaskan bahwa tiap keluarga penerima manfaat menerima untuk bulan Mei dan Juni atau dirapel tiap bulannya Rp 400.000,- sehingga tiap KPM menerima Rp 800.000,-. Bagi KPM yang pada April belum melakukan pencairan dikarenakan halangan dapat diterima ahli waris atau dikuasakan.

Secara umum kegiatan berjalan tertib, aman, dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan dengan dukungan dari jajaran Puskesmas, Perangkat Kalurahan, Polsek dan Koramil.