Penanganan Stunting Agar Menjadi Prioritas Musrenbang

Pelaksanaan musyawarah atau rembug dalam rangka penanganan Stunting di Kapanewon Kalibawang mendapat perhatian serius. Kegiatan ini harus digunakan sebagai sarana evaluasi dan perencanaan kegiatan untuk dibawa sebagai bahan musyawarah Kalurahan dengan melibatkan semua unsur terkait. Rembug Stunting akan dilaksanakan secara serentak di 4 Kalurahan mulai hari Rabu hingga Kamis minggu ini.

"Permasalahan ini harus ditangani secara komprehensif dan serius dan kami minta menjadi prioritas perencanaan pembangunan di 2021 dengan harapan kita bisa menurunkan angka Stunting di Kalibawang", ujar Heri Darmawan, A.P., M.M. Panewu Kalibawang saat rapat koordinasi persiapan Rembug Stunting di ruang Riptaloka, Jum'at (19/06).

Fidiastuti dari Puskesmas Kalibawang menjelaskan bahwa angka bayi Stunting di Kalibawang cukup tinggi maka perlu ada intervensi program dan kegiatan yang didanai dari pemerintah, komitmen bersama guna membangun keluarga dengan pola asuh, pola makan dengan gizi yang baik, dan sanitasi yang sehat. Demikian juga kegiatan Posyandu, pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil hingga pasca kelahiran dan bayi harus terpadu.

Rembug Stunting ditargetkan harus bisa melakukan evaluasi dan pembahasan kegiatan tahun sebelumnya dan merumuskan kegiatan yang akan dilakukan dan diusulkan pada musyawarah Kalurahan serta memilih wakil peserta.