Satgas Covid Kapanewon Kalibawang Lakukan Penertiban Pasar Jagalan

Penertiban wajib masker di tempat umum seperti pasar dan fasilitas perdagangan lainnya mendapat perhatian serius dari Satgas Covid Kapanewon Kalibawang. Kali ini yang menjadi sasaran adalah pasar Jagalan Banjaroyo, yang dilaksanakan Senin, 22/06 oleh gabungan dari jajaran Kapanewon, Polsek, Koramil, dan Puskesmas serta Satgas Kalurahan Banjaroyo. Penertiban protokol kesehatan yang salahsatunya adalah wajib masker ini akan terus dilakukan dalam rangka memberikan edukasi agar masyarakat mematuhi, mengingat pasar merupakan tempat yang rentan menjadi tempat penularan.

Sebagian besar pedagang sudah menggunakan masker saat berjualan di pasar, namun untuk pengunjung masih ditemui belum memakai masker meskipun sedikit dengan alasan lupa atau tertinggal di rumah.

"Sebagian besar pedagang sudah bermasker, matur nuwun ini berarti kesadaran para pedagang sudah baik. Namun untuk pembeli kami masih melihat ada yang belum bermasker. Saat ini kami masih toleran dengan menegur. Tentu kami akan evaluasi lagi dengan tindakan yang lebih tegas agar seluruh warga pasar bermasker demi keamanan dan kesehatan bersama", tegas Heri Darmawan, A.P., M.M. Panewu Kalibawang di sela-sela kegiatan tersebut.

Ariyanto, Jogoboyo Kalurahan Banjaroyo saat di lokasi mengungkapkan pasar Jagalan ini cukup ramai pengunjung karena berada di perbatasan DIY-Jawa Tengah. Untuk itu pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan guna menghadapi tata kehidupan baru dan warga Kalibawang aman dari peluranan Covid.

Kegiatan juga mendapat respon positif dari para pedagang karena mereka merasa nyaman apabila pembeli juga bermasker, supaya saling melindungi.