PANEWU KALIBAWANG MELANTIK ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN KALURAHAN MASA JABATAN 2020 - 2026

KALIBAWANG, Pelaksanaan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan berlangsung  Rabu 1 April 2020 jam 09.00 WIB sampai selesai bertempat di empat tempat dilaksanakan oleh Panitia Kalibawang yaitu Di Gedung Rapat Riptaloka yang dilantik Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Banjaroyo 9 orang terus dilanjutkan Panitia Kapanewon Kalibawang menuju Kalurahan Banjarharjo yang dilantik sebanyak 9 orang terus dilanjutkan Panitia Kapanewon Kalibawang ke Kalurahan Banjarasri yang dilantik 7 orang dan yang terakhir Panitia Kapanewon Kalibawang ke Kalurahan Banjararum yang dilantik 9 orang. Dalam pengambilan sumpah/janji  tersebut hadir Lurah atau Carik masing-masing Kalurahan, Sambutan dari Camat Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M. mengucapkan selamat atas dilantiknya Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Se- Kapanewon Kalibawang Setelah pengucapan sumpah/janji, anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK) agar berkoordinasi dengan lurah untuk mengetahui siapa unsur staf yang ditunjuk sebagai staf BPK. Staf tersebut yang akan membantu BPK dalam tugas administratif.

Rapat pemilihan pimpinan BPK dilaksanakan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari terhitung sejak pengucapan sumpah/janji.

Rapat pemilihan pimpinan BPK dipimpin oleh anggota tertua dibantu oleh anggota termuda.

Unsur pimpinan BPK adalah:

  1. 1 (satu) orang ketua
  2. 1 (satu) orang wakil ketua
  3. 1 (satu) orang sekretaris

Bidang dipimpin oleh 1 (satu) orang ketua bidang. Bidang yang harus ada dalam BPK adalah:

  1. Bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan
  2. Bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa

Pimpinan dan ketua bidang sekaligus merangkap anggota.

Pimpinan dan ketua bidang ditetapkan dengan keputusan BPK.

Salinan keputusan BPK tersebut nomor 8 agar disampaikan kepada: Lurah, Panewu, Bupati melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo dan untuk yang bersangkutan.

Salinan keputusan BPK tersebut yang diperuntukkan panewu dan bupati agar dikirim ke Kapanewon Kalibawang selambat-lambatnya tanggal 8 April 2020. Selanjutnya Kapanewon yang akan mengirim kepada Bupati.

Selanjutnya BPK mulai hari ini sudah sah untuk melaksanakan fungsinya, yaitu:

  1. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
  2. Melakukan pengawasan kinerja Lurah.
  3. Membahas dan menyepakati pembahasan rancangan peraturan kalurahan bersama Lurah.

Selanjutnya sehubungan dengan situasi kondisi sekarang adanya virus cavid 19 hendaklah Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan sebagai penyelenggara Pemerintah Kalurahan bersama-sama dengan jajaran Kalurahan menanggulangi penyebaran yang lebih luas dampak yang ditimbulkan dengan memberikan informasi informasi bagi masyarakat selalu menjaga kebersihan dengan pola hidup sehat dan senantiasa menjaga jarak dan tinggal di rumah demikian ujar Panewu Kalibawang.