Satgas Cegah Corona Kapanewon Kalibawang Ajak Masyarakat Lawan Virus Corona

Mencegah penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, Kapanewon Kalibawang terus melakukan sterilisasi lingkungan kerja dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin. Tentunya juga diikuti dengan pola hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan pakai sabun pada air mengalir untuk seluruh ASN dan warga yang datang ke Kapanewon.

Tidak hanya di lingkungan kantor, Kapanewon Kalibawang ikut serta mensosialisasikan pencegahan virus corona salah satunya memasang spanduk berisi himbauan kepada masyarakat, Selasa (24/03). Spanduk dengan jargon “Ayo Lawan Corona Virus (Covid-19)” berisi upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan pola hidup bersih dan sehat, di antaranya:

o          Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir

o          Menggunakan Masker

o          Kurangi Keluar Rumah

o          Makan Makanan Bersih, Matang, dan Panas

o          Olahraga Teratur dan Terukur

o          Istirahat Yang Cukup

 “Tentu dengan warga tahu akan virus corona ini, warga bisa mengantisipasi salah satunya dengan cara pola hidup bersih dan sehat. Masyarakat diajak untuk tidak panik, namun tetap menjaga kewaspadaan”, ujar Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M.

Tetap selalu waspada, lindungi diri, lindungi sesama, dan mari bersatu, bekerja sama, gotong royong, menghadapi COVID-19, Social Distancing! Demikian kutipan tagline pada spanduk yang terpasang di tempat-tempat strategis seperti pasar dan simpang-simpang jalan sehingga mudah dibaca oleh masyarakat Kapanewon Kalibawang dan sekitarnya.

Selain memasang spanduk, Satgas Cegah Corona Kapanewon Kalibawang yang dilakukan secara terkoordinasi, terpadu, terintegrasi, dan transparan bersama Polsek, Koramil, Puskesmas, Lurah serta Dukuh juga melakukan siaran keliling memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus corona termasuk himbauan terhadap kegiatan di masyarakat yang mengundang dan mengumpulkan orang supaya dilakukan penundaan. Hal tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bupati Kulon Progo No. 800/1210 tanggal 20 Maret 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

“Kita minta masyarakat agar selalu waspada, menjaga diri dan keluarga serta sesama dengan berusaha tetap berada di rumah dan hanya keluar apabila sangat diperlukan misalnya memenuhi kebutuhan bahan pangan, kesehatan, dan keselamatan. Untuk sementara waktu hindari berkumpul, tidak usah bersalaman. Cukup senyum saja dan pastikan selalu jaga kesehatan”, pungkas Heri Darmawan A.P., M.M.