Cegah Penyebaran Covid-19, Kapanewon Kalibawang Lakukan Sterilisasi Lingkungan Kerja

Petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan kantor Kapanewon Kalibawang untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, Jumat (20/03).

Kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Bupati Kulon Progo tanggal 20 Maret 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Selain itu ASN Kapanewon Kalibawang juga bersama-sama melakukan gerakan Jumat Bersih dengan kerja bakti massal membersihkan area kerjanya masing-masing. Namun kali ini dengan menambahkan cairan disinfektan untuk sterilisasi benda yang sering disentuh seperti pada gagang pintu.

Kerja bakti massal membersihkan area kerjanya masing-masing

“Cairan disinfektan efektif dalam mencegah virus tersebut, namun juga harus diikuti pola hidup bersih dan sehat. Kita wajib rutin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, kemudian pola hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Mulai Senin seluruh ASN dan warga yg datang ke Kapanewon diwajibkan untuk cuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan.”, ujar Panewu Kalibawang Heri Darmawan, A.P., M.M.

ASN dan warga yang datang diwajibkan untuk cuci tangan.

Beliau juga mengatakan seluruh masyarakat bisa membersihkan lingkungan sekitarnya terutama rumah masing-masing dengan melakukan penyemprotan menggunakan material yang dimiliki oleh keluarga. Contohnya dengan menggunakan disinfektan (bagi yang punya). Selain itu juga bisa menggunakan pemutih baju, karbol, atau sejenisnya.