Panewu Ikuti Study Banding ke BUM Desa Bersama Malang

Warta Kalibawang, 29 April 2024. Panewu Kalibawang ikuti Study Banding ke BUM Desa Bersama “Bagus”, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang pada Sabtu, 27 April 2024. Acara ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh BUM Desa Bersama “Kalibawang Mandiri”. Acara tersebut diikuti oleh jajaran personil BUM Desa Bersama “Kalibawang Mandiri” yang diantaranya adalah Lurah selaku Dewan Penasihat, Dewan Pengawas, Direktur, Kepala Unit Usaha, dan staf. Selain itu dalam study banding tersebut juga diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat yang merupakan kelompok penerima manfaat BUM Desa Bersama “Kalibawang Mandiri”.

Peserta study banding diterima oleh Ibu Yuni selaku direktur utama BUM Desa Bersama “Bagus”. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa BUM Desa Bersama “Bagus” merupakan BUMDes yang berdiri dari transformasi Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPD). Transformasi ini sudah dilakukan pada tahun 2017. Sampai dengan saat ini, BUMDesMa Bagus tercatat sebagai BUMDesMa dengan nilai aset tertinggi di Kabupaten Malang dengan nilai total aset sebesar 10,7 milyard rupiah.

Perlu diketahui bahwa BUM Desa Bersama “Bagus” saat ini memiliki 4 unit usaha yaitu Unit usaha simpan pinjam, Unit usaha pertokoan, unit usaha koperasi, dan unit usaha jasa transportasi. Dari unit usaha tersebut unit usaha simpan pinjam menjadi unit usaha paling banyak menyumbang laba BUMDes.

Dalam sambutannya Panewu Kalibawang Risdiyanto Nugroho, S.STP., M.Eng. berharap BUM Desa Bersama “Kalibawang Mandiri” dapat mengambil ambil nilai-nilai positif dari BUM Desa Bersama “Bagus”. Menambah wawasan pengelola BUMDes untuk lebih meningkatkan kualitas dalam pengelolaan BUMDes yang ada. Risdiyanto juga mengajak untuk saling sinergi menindaklanjuti hasil dari study banding ini dengan bersama-sama memaksimalkan potensi yang dimiliki di Kalibawang.

Acara study banding selesai pukul 12.30 WIB diakhiri dengan foto bersama. Rombongan lalu melanjutkan perjalanan kembali menuju Kalibawang, Kulon Progo.