Operasi Pasar Kapanewon Kalibawang Tahun 2024

Warta Kalibawang, 4 April 2024. Dalam  rangka  menjaga  stabilitas  harga dan  ketersediaan  barang  kebutuhan pokok, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo mengadakan  Operasi Pasar  bertempat di Halaman Kantor Kapanewon Kalibawang pada hari Rabu, 3 April 2024. Kegiatan ini dilaksanakan diseluruh Kapanewon se-Kulon Progo yang dimulai pada tanggal 24 Maret sampai dengan terakhir 4 April 2024.

Dalam kegiatan operasi pasar di Kapanewon Kalibawang, Perum Bulog dan PT PSM (Pangan Surya Makmur) selaku pihak penyedia barang menyediakan berbagai kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau. Barang tersebut diantaranya adalah beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, terigu dan beberapa bahan pokok lainnya. Harga barang pokok yang dijual dapat lebih murah dikarenakan mendapatkan subsidi dari APBD Kabupaten Kulon Progo. Syarat pembeli dalam kegiatan ini adalah warga yang berdomisili di Kulon Progo dan barang yang sudah dibeli tidak untuk diperjualbelikan kembali.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan Operasi Pasar ini. Hal tersebut dibuktikan dengan sudah adanya warga yang berdatangan di Halaman Kantor Kapanewon Kalibawang sebelum operasi pasar dimulai pukul 08.30 WIB. Salah seorang warga, Ibu Febri mengungkapkan bahwa warga sangat antusias menyambut kegiatan ini karena merasa terbantu dengan selisih harga yang lebih murah pada bahan-bahan pokok yang dijual dalam acara ini. "Kami sangat terbantu dengan adanya operasi pasar ini karena harganya jauh lebih murah dari pasar, apalagi saat ini menjelang lebaran, masyarakat memang membutuhkan barang-barang tersebut. " jelas Ibu Febri.

Ditemui di Halaman Kantor Kapanewon Kalibawang, Ir. Wahyu Wibowo BS selaku Kepala Jawatan Kemakmuran menjelaskan bahwa kegiatan operasi pasar yang diselenggarakan merupakan upaya dari pemerintah untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan dan memastikan kesediaannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Stabilitas harga barang kebutuhan pokok diperlukan dalam rangka pengendalian tingkat inflasi.

Kegiatan operasi pasar di Kapanewon Kalibawang berjalan aman dan lancar. Operasi pasar selesai pukul 13.30 WIB dikarenakan barang yang disediakan habis terjual.