Ancol kalibawang

Pernah mendengar Bendungan Ancol? Mungkin banyak dari pembaca langsung mengasosiasikan Bendungan ini dengan Taman Bermain Ancol yang berada di ibukota. Namun, objek wisata ini bukanlah Theme park seperti yang dibayangkan, tempat ini lebih menonjolkan wisata alamnya yang menakjubkan dan memiliki nilai historis yang tinggi. Belum banyak yang tahu bahwa Selokan Mataram yang tersebar di wilayah Yogyakarta merupakan aliran dari Sungai Progo yang berpintu air di bendungan ini. Selain Selokan Mataram, Selokan Van Der Wijk (Saluran Kalibawang) pun juga berasal dari pintu air tersebut. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Keberadaan Bendungan Ancol bermula pada masa penjajahan Jepang di Indonesia (1942-1945), dimana saat itu terjadi kesepakatan antara Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Pemerintah Jepang untuk membangun saluran irigasi yang menghubungkan Sungai Progo dengan Sungai Opak, yang dikenal dengan “Kanal Yoshiro” atau yang sekarang disebut sebagai “Selokan Mataram”. Proyek saluran irigasi ini diperuntukan bagi pengairan sawah di daerah Yogyakarta yang masih berfungi dengan baik hingga saat ini.

Bagi pecinta suasana alam yang tersembunyi, masih asri dan asli, taman wisata air ini cukup menarik untuk dijadikan tempat singgah. Masyarakat lokal sendiri menjadikan tempat ini sebagai tempat nongkrong kaum muda-mudi. Objek wisata Ancol berlokasi di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo. Tempat ini juga berada dijalur alternatif wisata Candi Borobudur, sehingga  cukup berpotensi sebagai jalur yang strategis untuk dijadikan paket wisata alam. Tak jauh dari tempat ini terdapat pula Taman Makam Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang dan kebun Buah Naga yang dapat dijadikan alternatif tempat wisata.

Selain sebagai tempat yang nyaman untuk mendapatkan ketenangan dari hiruk-pikuk suasana perkotaan, Bendungan Ancol juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan outdoor seperti rafting (arung jeram), outbond, camping (berkemah) dan lain sebagainya. Pecinta fotografi-pun tak akan rugi untuk berkunjung karena banyak terdapat spot-spot foto yang menarik sehingga tak jarang tempat ini dijadikan lokasi syuting beberapa production house baik lokal maupun nasional dan dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding.

 

Kegiatan outdoor di lokasi sekitar Bendungan Ancol

Sayangnya, dari berbagai potensi yang dihadirkan objek wisata ini kurang didukung dengan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, seperti akses masuk ke lokasi wisata yang rusak, tidak adanya penjual makanan/cemilan bagi pengunjung dan tidak adanya tempat duduk/gazebo layaknya objek wisata, sehingga mereka-mereka yang datang hanya dapat duduk di atas kendaraan mereka ataupun berdiri di pagar pembatas bendungan.

Sumber VisitKalibawang.com