Struktur Organisasi Kec. Kalibawang

Susunan organisasi dan tata kerja Kecamatan sebagai salah satu perangkat daerah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo nomor 75 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi, Dan Tugas, Serta Tata Kerja Pada Kecamatan. Sesuai pasal 2 ayat (1), susunan organisasi dan tata kerja Kecamatan Kalibawang adalah sebagai berikut :

a.  Camat

b.  Sekretariat terdiri dari :

     1)  Sub Bagian Umum

     2)  Sub Bagian Keuangan

c.  Seksi Pemerintahan

d.  Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

e.  Seksi Perekonomian dan Pembangunan

f.   Seksi Kesejahteraan Rakyat

g.  Seksi Pelayanan

h. Kelompok Jabatan Tertentu.


Adapun uraian tugas Kecamatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Kulon Progo nomor 75 Tahun 2016 adalah sebagai berikut di antaranya :

1.      Sekretariat, mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program kerja, urusan rumah tangga, ketatausahaan, penyajian data, kepustakaan, dokumentasi dan informasi, administrasi kepegawaian, koordinasi administrasi keuangan serta laporan.

2.      Seksi Pemerintahan, mempunyai tugas menyelenggarakan, memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan pemerintahan umum, pemerintahan desa, administrasi kependudukan, pertanahan, dan melaksanakan kegiatan di bidang pemerintahan lainnya.

3.      Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum, mempunyai tugas menyelenggarakan, memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan keamanan dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.

4.      Seksi Perekonomian dan Pembangunan, mempunyai tugas menyelenggarakan, memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan pembangunan, sarana dan prasarana fisik, pertanian dan kelautan, perekonomian dan lingkungan hidup.

5.      Seksi Pelayanan, mempunyai tugas tugas  melaksanakan pelayanan terhadap warga masyarakat.

6.      Seksi Kesra  mempunyai tugas menyelenggarakan, memfasilitasi, dan melaksanakan pembinaan bidang kesehatan, keluarga berencana, ketenagakerjaan, sosial dan pemberdayaan perempuan serta fasilitasi keagamaan.